Masyarakat Antusias Sambut Mahasiswa Praktik Belajar Lapangan FKM USM

Aceh Besar

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah kembali melepas sebanyak 122 mahasiswa untuk melakukan Praktik Belajar Lapangan (PBL) di wilayah Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar selama dua pekan.

 

Kegiatan wajib ini dilaksanakan di 10 gampong, dengan kegiatan mahasiswa yaitu mengamati masalah yang ada, menganalisa dan melakukan intervensi dengan analisis metode dan penerapan materi yang sudah diperoleh di bangku kuliah.

Dalam pelaksanaanya, masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan para mahasiswa FKM USM, dapat dilihat pada penyambutan atau pertemuan awal dengan masyarakat yang dilakukan di tiap-tiap gampong penempatan mahasiswa. Masyarakat berharap, dengan datangnya mahasiswa ini dapat memberi pencerahan terhadap masalah-masalah kesehatan yang dihadapi di masing-masing gampong.

T.M. Rafsanjani, Salah satu pembimbing lapangan mengatakan, mahasiswa ditugaskan untuk mempelajari permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat, dan dituntut untuk mencari alternatif penyelesaian berdasarkan teori dan metode yang sudah dipelajari di kampus.

“Selama dua pekan di lapangan, data harus diambil semua, segera diolah dan dianalisis sehingga intervensi yang dilakukan benar berdampak pada masyarakat, walaupun masih belajar tapi harus memberikan nilai yang berarti kepada penduduk setempat” tambah rafsanjani.

Mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat laporan dari hasil praktiknya dan akan di berikan kepada kampus, kecamatan dan gampong tempat mereka praktik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.