PERWAKILAN SEKJEN DPR RI GELAR DISKUSI PEMANTAUAN PELAKSANAAN UNDANG UNDANG NOMOR 36 TENTANG KESEHATAN DI FKM USM ACEH

Rektor USM Dr. H. Said Usman, M.Kes Memimpin dikusi bersama Perwakilan Sekjen dan Badan Keahlian DPR RI

Banda Aceh 13 Februari 2019 
Perwakilan Sekjen dan Badan Keahlian DPR RI menggelar diskusi guna pengumpulan data dan informasi pemantauan pelaksanaan Undang Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah pada hari Rabu 13 Februari 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan Undang Undang Kesehatan No 36 tahun 2009. Masukan yang didapat dari diskusi akan menjadi pertimbangan terhadap kemungkinan dilakukan revisi Undang Undang.

Rektor Universitas Serambi Mekkah, Dr. H. Said Usman., M.Kes memimpin langsung jalannya diskusi hingga usai. Salah satu topik yang alot diperbincangkan adalah terkait beban biaya Kesehatan Indonesia yang sangat berat dan khas, karena Indonesia merupakan Negara kepulauan dengan jumlah penduduk yang sudah lebih dari 260 juta jiwa. Beban kerja BPJS pemerintah juga kian berat, karna tanggungan yang sebagian besar adalah penduduk miskin dengan premi rendah sementara biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan semakin hari semakin bertambah.

Disisi lain Rektor menambahkan Potret penyelenggaraan kesehatan di Indonesia telah dilakukan dengan optimal dengan sebagian besar telah mencapai target pertahun pada setiap indikator kesehatan dan sebagian lainnya masih perlu upaya-upaya untuk meningkatkannya. Namun demikan bila dibandikan dengan negara-negara luar masih diperlukan upaya-upaya perbaikan yang terus menerus.

Hal lain yang mencuat adalah ketersediaan jumlah tenaga kesehatan yang tidak cukup dan tidak merata di seluruh wilayah Indonesia juga menjadi satu hal penting yang harus ditemukan solusinya. Selama ini tenaga ahli hanya menumpuk di kota dan di perdalaman sangat minim sehingga masyarakat yang di desa dan jauh dari fasilitas kesehatan dan kurang nya jumlah tenaga kesehatan di sana menjadikan pelayanan kesehatan untuk warga di pedalaman belum merata.

FKM Universitas Serambi Mekkah menjadi salah satu perwakilan dari bidang akademisi di bidang kesehatan di Aceh yang dipilih untuk melakukan diskusi guna pengumpulan informasi. Selain FKM USM, diskusi juga digelar di Fakultas Kedokteran Unsyiah dengan maksud yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.