PENYERAHAN MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT USM DALAM KEGIATAN MBKM APLIKASI ILMU KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR

Aceh Besar, 31 Oktober 2023

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah Mengadakan Kegiatan serah Terima Mahasiswa yang akan melaksanakan Kegiatan MBKM Aplikasi Ilmu Kesehatan Masyarakat. MBKM Aplikasi Ilmu Kesehatan Masyarakat ini merupakan mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa Fakultas kesehatan masyarakat Semester III (Tiga).

Kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengimplementasikan langsung pembelajaran yang didapat saat perkuliahan dengan cara mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat, menentukan prioritas masalah kesehatan masyarakat setempat, dapat menentukan pemecahan masalah dan intervensi yang sesuai melalui pendekatan manajemen berbasis kesehatan masyarakat.


Dekan Fakultas Kesehatan masyarakat USM, Dr. Ismail, SKM., M.Pd., M.Kes mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 49 mahasiswa yang ditempatkan di 5 desa yang ada di lingkup wiayah Kerja Puskesmas Leupung Aceh Besar yakni Desa Meunasah Mesjid, Desa Meunasah Bak Ue, Desa Lamseunia, Desa Pulot dan Desa Layeun. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan regular yang dilakukan setiap tahun yang harus dijalankan karena menyangkut peningkatan kompetensi mahasiswa serta lulusanya nanti.

“MBKM aplikasi Ilmu Kesmas dilakasanakan selama 14 hari, terhitung dari tanggal 31 Oktober – 13 November 2023. Kegiatan Ini untuk mengetahui bagaimana kesehatan masyarakat yang ada di desa kemudian nanti mahasiswa akan menyusun suatu program sehingga  Program tersebut nantinya dapat digunakan untuk membantu pihak Puskesmas dalam melaksanakan kesehatan masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu kontribusi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah yang ingin memberikan peran terhadap kesehatan masyarakat.”


Lebih lanjut dikatakan, pada kesempatan ini tidak hanya dilakukan serah terima mahasiswa dari kampus kepada pembimbing Puskesmas, tetapi mahasiswa juga diberikan pembekalan dengan materi gambaran permasalahan kesehatan yang ada di Desa yang berada di wilayah kerja puskesmas Leupung Aceh Besar.

“Pembekalan ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai permasalahan kesehatan yang ada di Lingkup wilayah Kerja Puskesmas Leupung Aceh Besar. Selama kegiatan ini berlangsung, Dosen selaku pembimbing akademik juga akan melakukan supervisi kepada mahasiswa yang melaksanakan praktik di Desa,” ungkapnya.

pada kegiatan ini hadir juga Kepala Kecamatan Leupung, dan Kepala Puskesmas Leupung. dr Dewi Kurnia. dalam sambutannya, memberikan pesan kepada para mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan agar dapat melaksanakannya dengan sungguh sungguh, jujur dan tanggung jawab dengan harapan bisa dijadikan sebuah pengalaman baru dan pengamalan sesuai dengan keilmuannya selama menempuh matakuliah. manfaatkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mengabdi kepada masyarakat.” Ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.