BEM FKM-USM DAN MAHASISWA KIP FKM-USM KOLABORASI UNICEF ACEH HADIRKAN KULIAH TAMU KESEHATAN IBU DAN ANAK DI MASA KRISIS ATAU BENCANA

Banda Aceh, 10 November 2023

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah Menghadirkan Kuliah Tamu dengan tema ”Kesehatan Ibu dan Ank di Masa Krisis atau Bencana”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah (BEM FKM-USM) dan Mahasiswa KIP Fakultas Kesehatan Masyarakat Bekerjasama dengan Badan Dunia yang menangani bidang anak-anak yaitu UNICEF perwakilan ACEH.

Kegiatan berlangsung mulai pulul 14:30 WIB di Aula Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan Universitas Seramb Mekkah. Diharapkan dalam kuliah tamu dapat memberikan peningkatan pengetahuan bagi mahasiswa dan dosen di Fakultas Kesehatan Masayarakat tentang bagaimana standar pelayanan Kesehatan bagi ibu dan anak dalam situasi krisis atau bencana.

Turut hadir Wakil Rektor III Universitas Serambi Mekkah Dr. Hambali, M.Pd.,, adapun sebagai narasumber yakni Dr. Tira aswitama, M.Epid, Health Specialist UNICEF ACEH dan Dr. Ners. Masyudi,S.Kep., M.Kes Dosen Universitas Serambi Mekkah.

Mengawali kegiatan, Acara kuliah ini dibuka secara resmi oleh wakil Rektor III Universitas Serambi Mekkah Dr. Hambali, M.Pd. Hambali mengatakan peran kita, masyarakat penting dalam sikap bersama dalam penanganan ibu dan bayi di masa darurat, baik itu karena musibah gempa, tsunami, konflik seperti yang terjadi di belahan dunia termasuk saat ini yang terjadi perperangan di Palestina begitu memprihatinkan.

“Bayi-bayi yang tidak berdosa ikut korban padahal mereka penerus dan generasi kita berikutnya yang menjadi pemimpin di masa mendatang”, ujarnya.

“Kami bangga atas terselenggaranya kuliah umum di USM semoga dapat berkolaborasi maupun berkontribusi bersama-sama dengan UNICEF dalam penanganan masalah anak-anak di berbagai negara”, tutupnya

Sementara itu, Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah Burhanuddin Syam, SKM., M.Kes., mengatakan Kegiatan ini menyesuaikan dengan pelaksanaan kurikulum Merdeka belajar, dimana keterlibatan praktisi perlu ditingkatkan agar siswa mengetahui perkembangan di luar.

“Hadirnya Pemateri dari UNICEF merupakan salah satu cara agar mahasiswa dan pengajar di FKM USM mendapatkan informasi Update khususnya di bidang Kesehatan Masyarakat”, harapnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *